CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 8 Februari 2016 13:00

Ini penjelasan Apple terkait 'Error 53' di iOS 9

Apple benarkan pesan 'Error 53' muncul karena gunakan komponen tak orisinal

Ini penjelasan Apple terkait 'Error 53' di iOS 9

Techno.id - Beberapa waktu belakangan, para pengguna iOS 9 tengah disibukkan dengan pesan bertajuk 'Error 53' di layar iPhone mereka. Konon, error tersebut sangat menyiksa karena membuat si pemilik tak dapat mengakses handset sedikit pun, bahkan hanya untuk sekadar reboot.

Menurut laman The Guardian (04/02), 'Error 53' merupakan pesan protes dari iOS 9 karena komponen yang digunakan iPhone berasal dari pihak ketiga (tidak orisinal). Sementara itu, pesan tersebut kabarnya sedikit banyak berkaitan dengan fitur Touch ID dan tombol fisik Home.

Untungnya, pihak Apple selaku pengembang langsung mengonfirmasi apa maksud dari pesan tersebut. Sesuai dugaan, perusahaan yang berbasis di Cupertino itu membenarkan bahwa pesan 'Error 53' muncul karena iOS 9 mendeteksi iPhone atau iPad yang sedang menggunakan hardware palsu.

"Error 53 merupakan hasil dari pemeriksaan keamanan yang dirancang untuk melindungi pelanggan kami. iOS 9 akan memeriksa dan memastikan bahwa sensor Touch ID di iPhone atau iPad benar-benar sesuai dengan komponen perangkat lainnya," ujar seorang juru bicara Apple.

"Jika iOS menemukan ketidakcocokan, maka akan dinonaktifkan. Hal ini adalah untuk mencegah sensor Touch ID yang disalahgunakan (misalnya untuk Apple Pay). Jika pelanggan menemui Error 53, segera hubungi Apple Support," lanjut Apple sebagaimana dikutip dari Gizmodo (05/02).

Masih belum diketahui apakah pihak Apple Support dapat mengembalikan kondisi iPhone seperti semula pasca 'Error 53'. Namun yang pasti, para korban harus siap merogoh kocek lebih dalam karena garansi resmi telah hangus akibat penggunaan komponen dari pihak ketiga.

WHAT TO READ NEXT ?