Ingin saingi Google, Baidu gandeng BMW produksi mobil self-driving

Ingin saingi Google, Baidu gandeng BMW produksi mobil self-driving

Techno.id - Tak ingin kalah tertinggal dengan Google, raksasa teknologi asal Tiongkok, Baidu, sedang berencana memproduksi kendaraan atau mobil self-driving. Baidu menggandeng BMW untuk membuat mobil yang dapat berjalan sendiri di jalanan padat kota-kota besar Negeri Tirai Bambu tersebut.

Seperti dilansir oleh Slashgear (12/6/15), kemitraan dengan BMW yang dimulai sejak April 2014 itu dikabarkan sudah semakin dekat untuk mewujudkan mobil self-driving. Menurut Senior Vice President Baidu, Wang Jin, mobil self-driving bakal segera menghiasi jalan-jalan di Tiongkok pada akhir tahun ini.

Prototipe mobil self-driving dari Baidu dan BMW ini sementara waktu akan masih menggunakan manusia untuk mengendalikannya meski tidak sepenuhnya. Hal ini sejalan dengan pernyataan Kai Yu, Head of Deep Learning Development Baidu, tahun lalu yang mengatakan bahwa proyek mobil self-driving mereka berkonsentrasi untuk membantu driver bukannya membuat penumpang statis tanpa gerak. Jadi, kemungkinan besar mobil self-driving dari Baidu ini nantinya tidak akan benar-benar berjalan sendiri, tetapi masih menggunakan manusia untuk mengendalikannya meski porsinya tak lagi banyak.

Sementara itu, banyak pihak yakin jika Baidu dan BMW benar-benar bisa mewujudkan proyek mobil self-driving ini, maka Google memiliki kompetitor berat dari belahan dunia bagian Timur. Kendati demikian, hal tersebut masih belum bisa dibuktikan hingga tahun depan prototipe mobil self-driving itu benar-benar berjalan di jalanan padat negeri terpadat di dunia tersebut.

(brl/red)