Daniel L Doctoroff resmi pimpin Sidewalk Labs

Daniel L Doctoroff resmi pimpin Sidewalk Labs

Techno.id - Rabu (10/6/5), Sidewalk Labs sebuah perusahaan inovasi perkotaan yang ditujukan untuk meningkatkan kehidupan bagi warga kota, perusahaan dan pemerintah kota, khususnya dengan mengembangkan dan menginkubasi teknologi sipil itu baru saja diresmikan. Perusahaan yang berbasis di New York City, Amerika Serikat tersebut dilaporkan mendapat dukungan dan pendanaan penuh dari Google.

Dalam kesempatan tersebut, Larry Page, Cofounded Google Inc, mengumumkan melalui laman Google+ pribadinya bahwa Daniel L. Doctoroff adalah sosok yang ditunjuk secara khusus untuk memimpin perusahaan tersebut. Doctoroff sendiri merupakan mantan CEO Bloomberg LP dan Wakil Walikota untuk bidang Ekonomi Pembangunan.

Pengalaman Doctoroff sebagai salah satu visioner perkotaan terkemuka di dunia dan salah satu ahli dalam memanfaatkan teknologi dan data untuk perubahan sosial membuat raksasa teknologi tersebut yakin 'menitipkan' Sidewalk Labs kepadanya. Doctoroff tercatat pernah menyelamatkan Bloomberg dari krisis keuangan serta menjadi pelopor upaya menghidupkan kembali kota New York setelah serangan 9/11 melalui strategi pembangunan ekonomi, salah satunya meluncurkan program perumahan yang terjangkau dalam jumlah yang besar sepanjang sejarah.

Doctoroff dalam acara peresmian tersebut mengatakan, "Kita semua sedang berada dalam proses transformasi paling bersejarah untuk kota. Pada saat kekhawatiran mengenai ekuitas perkotaan, biaya, kesehatan, dan lingkungan yang semakin meningkat, perubahan teknologi pun belum pernah terjadi. Padahal perubahan teknologi memungkinkan sebuah kota menjadi lebih efisien, responsif, fleksibel, dan tangguh. Kami berharap, Sidewalk Labs akan memainkan peran utama dalam mengembangkan produk-produk teknologi, platform, dan infrastruktur canggih yang dapat diterapkan untuk skala kota di seluruh dunia."

Meski gambaran produk yang akan diciptakan belum begitu jelas, tapi yang jelas Doctoroff mengatakan bahwa pembangunan ini bertujuan untuk menangani permasalahan di perkotaan seperti biaya hidup, transportasi, dan penggunaan energi. Dalam hal ini, Sidewalk Labs bakal membangun, membeli, dan berinvestasi dalam teknologi untuk mencapai tujuannya.

(brl/red)