Image suatu bisnis di masyarakat sangat bergantung pada review online

Image suatu bisnis di masyarakat sangat bergantung pada review online

Techno.id - Bagi pebisnis, internet bagai pisau bermata dua. Mereka memang bisa memasarkan produknya lebih luas, mudah, dan hemat. Namun di sisi lain, pelayanan dan gerak-gerik pelaku usaha akan terus disorot oleh banyak konsumen.

Survei terakhir dari BrightLocal, yang dikutipmarketingcharts.com (27/08/15), mengabarkan kalau review online terkait bisnis lokal dapat mempengaruhi sikap masyarakat atau calon konsumen terhadap merek bisnis tersebut. Saat 2.354 responden dari Amerika Serikat (90 persen) dan Kanada (10 persen) ditanya apakah mereka menilai sebuah bisnis itu bagus berdasarkan review online yang mereka baca, sebagian besar mengiyakannya.

Detailnya, ada 33 persen responden yang sering melakukannya dan ada 59 persen yang kadang-kadang melakukannya. Sementara yang berkata bahwa ulasan yang diunggah di dunia maya tidak mempengaruhi penilaian mereka terhadap sebuah bisnis hanya 8 persen.

Image suatu bisnis di masyarakat sangat bergantung pada review online

Uniknya, survei yang sudah dilakukan semenjak tahun 2012 silam itu mengungkap kalau semakin sedikit orang yang tidak mempercayai online review. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh semakin banyaknya orang yang sudah terkoneksi dengan internet.

Kalau Anda mendapat pertanyaan yang sama, apa jawaban Anda?

(brl/red)