Aktivitas mobile banking di Indonesia masih tergolong rendah

Aktivitas mobile banking di Indonesia masih tergolong rendah

Techno.id - Kehadiran smartphone memang ditujukan untuk memberikan kemudahan pada penggunanya, termasuk dalam hal transaksi perbankan. Sayangnya, meski pemakai smartphone di Indonesia terus bertambah, intensi user untuk lebih aktif dalam menggunakan aplikasi mobile banking belum dominan.

Temuan ini diungkap oleh Jana melalui blog resmi mereka (30/07/15) berdasarkan analisis terhadap user mCent dari Indonesia pada Juni 2015. Menurut mereka, dari 10 aplikasi top dari kategori finansial, aplikasi M-Banking memang mendominasi, yakni 60 persen dari daftar tersebut. Namun, hanya ada dua aplikasi mobile banking yang paling sering digunakan, yakni BCA Mobile dan Mandiri Mobile.

Adapun layanan M-Banking terpopuler di Indonesia seperti dihimpun oleh Jana, antara lain: BCA Mobile, BRI Mobile, Mandiri Mobile, Go Mobile CIMB Niaga, serta BNI SMS Banking. Daftar lengkapnya tersaji dari tabel berikut:

Aktivitas mobile banking di Indonesia masih tergolong rendah
Aplikasi m-banking terpopuler di Indonesia 2015 blog.jana.com

Perbankan di Tanah Air sendiri sudah berusaha untuk mengikuti perkembangan teknologi termutakhir. Dengan adanya layanan mobile banking, nasabah bisa bertransaksi dengan lebih mudah. Konsekuensinya, pihak bank diwajibkan untuk memastikan bahwa transaksi yang dilakukan nasabah akan aman dengan selalu melakukan pengecekan akses PIN.

(brl/red)