Google sekarang berubah jadi Alphabet

Google sekarang berubah jadi Alphabet

Techno.id - Sebuah kabar mengejutkan dari Google Inc. Perusahaan besar yang bergerak di bisnis internet tersebut mengumumkan bahwa nama perusahaannya bakalan berubah menjadi Alphabet, bukan lagi Google seperti yang selama ini berlangsung.

Pengumuman lahirnya Alphabet sebagai pengganti Google diumumkan Senin (10/8/2015) waktu setempat, tak lama berselang setelah penutupan bursa saham. Perubahan Google jadi Alphabet diakui agar perusahaan yang berdiri 11 tahun lalu itu bisa lebih baik dan mumpuni.

Perusahaan kami masih beroperasi dengan baik, tetapi kami pikir kami bisa membuatnya lebih baik dan mumpuni. Jadi, kami membuat sebuah perusahaan baru, bernama Alphabet," ujar Larry Page, CEO Google dalam pernyataannya yang dilansir blog resmi Google.

Alphabet bakalan berposisi jadi induk usaha Google dan menangani semua aktivitas anak usahanya. Sedangkan Google bakalan memiliki posisi baru yang lebih focus menangani bisnis konvensional yang dilakoninya seperti mesin pencarian, iklan, YouTube dan lainnya.

"Seperti yang ditulis Sergey dan saya dalam surat pendirian perusahaan pada 11 tahun yang lalu, 'Google bukanlah perusahaan konvensional. Kami tidak ingin menjadi satu," imbuh Page menjelaskan langkah baru yang dilakukan perusahaan raksasanya.

Alphabet sendiri bakalan dipimpin Larry Page sebagai CEO, Sergey Brinn jadi President dan Eric Schmidt menjabat Executive Chairman. Posisi kosong di pucuk pimpinan Google yang ditinggalkan Page diwariskan kepada Sundar Pichai yang telah cukup lama bergabung dengan Google.

(brl/red)