Google diam-diam dirikan pabrik otomotif, Google Auto

Google diam-diam dirikan pabrik otomotif, Google Auto

Techno.id - Hendak memuluskan jalan untuk menciptakan mobil self-driving, Google kabarnya secara diam-diam telah mendirikan perusahaan otomotifnya sendiri, Google Auto LLC. Anak perusahaan Google tersebut kabarnya dipimpin oleh Chris Urmson yang tak lain dan tak bukan adalah pemimpin proyek untuk mobil self-driving Google.

Seperti dikabarkan oleh AndroidCentral (3/8/15), izin pendirian perseroan terbatas untuk Google Auto telah diajukan dan diresmikan sejak tahun 2011 lalu di bawah naungan National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) Amerika. Sejak saat itulah, Google Auto LLC mulai memproduksi mobil self-driving pertamanya yang berbasis mesin dari pabrikan mobil kenamaan dunia, Lexus.

Dalam dokumen NHTSA saat itu disebutkan bahwa Google Auto LLC bakal memproduksi mobil dengan roda belakang desain sendiri yang memiliki sistem pengereman sendiri di masing-masing roda. Selain itu, disebutkan pula bahwa mobil yang akan dirancang oleh Google Auto LLC bakal didukung oleh daya listrik berkekuatan 20-30kW dari baterai Lithium-Ion.

Sejak memulai proses produksi pada tahun 2011 hingga sekarang, Google Auto telah memproduksi mobil self-driving berbasis mesin dari Lexus dan prototype mobil self-drivingnya sendiri, Koala yang diluncurkan 2014 lalu. Selain Lexus, perusahaan manufaktur Roush kabarnya menjadi mitra setia Google Auto dalam menyediakan beberapa perangkat mesin untuk mobil self-driving ciptaannya.

(brl/red)