Google rayakan kemunculan traffic light elektrik pertama di dunia

Google rayakan kemunculan traffic light elektrik pertama di dunia

Techno.id - Untuk memperingati hadirnya traffic lights elektrik pertama di dunia, hari ini Google luncurkan sebuah doodle bertema lampu lalu lintas di laman pencariannya. Doodle tersebut khusus dibuat oleh ilustrator Nate Swinehart dengan menggambarkan bagaimana keadaan jalanan yang kacau saat itu bisa lebih teratur setelah kehadiran traffic lights elektrik tersebut.

Seperti dikutip dari situs resmi Google (5/8/15), melalui doodle tersebut Google ingin seluruh dunia tahu asal-usul dari lampu yang saat ini sangat berfungsi untuk membantu mengatur lalu lintas kendaraan di jalanan. Ya, 101 lalu tepatnya pada tanggal 5 Agustus 1914, sebuah lampu lalu lintas elektrik pertama dipasang di Cleveland, Ohio untuk membantu petugas kepolisian di wilayah negara bagian Amerika tersebut mengatur kendaraan yang makin kacau karena produksi kendaraan bermesin yang makin meningkat dan jumlah kereta kuda yang melintas di jalanan makin tak terkendali.

Google rayakan kemunculan traffic light elektrik pertama di dunia

Berkat kemunculan lampu lalu lintas elektrik tersebut, keadaan lalu lintas di jalanan Ohio pun menjadi semakin rapi. Selain itu, para polisi di sana pun ketika itu tak perlu lagi kedinginan saat harus mengatur lalu lintas yang kacau di perempatan jalanan Midwest ketika musim dingin.

Sebagai informasi, pada awal kemunculannya lampu lalu lintas elektrik hanya terdiri atas warna merah dan hijau saja. Namun, seiring berjalannya waktu, lampu kuning ditambahkan supaya pengaturan lalu lintas lebih efektif.

(brl/red)