Google buka peluang bahasa daerah hadir di aplikasi Google Translate

Google buka peluang bahasa daerah hadir di aplikasi Google Translate

Techno.id - Google baru saja menambahkan 20 bahasa ke aplikasi Google Translate yang bisa dipakai pada perangkat mobile, termasuk bahasa Indonesia. Perusahaan asal Amerika Serikat itu menyatakan tidak menutup kemungkinan untuk menambahkan bahasa daerah ikut ditambahkan dalam aplikasi tersebut.

Pernyataan tersebut disampaikan Putri Silalahi selaku Communications Head of Consumer & Youtube Google Indonesia. Namun, menurut Putri penambahan itu bisa dilakukan apabila banyak netizen banyak yang menginginkan adanya terjemahan bahasa daerah tersebut.

Kita akan lihat permintaan dari pengguna internet. Lalu, tingkat kesukaran dalam mengartikannya juga karena itu jadi titik perhatian untuk jadi pertimbangan tim Google termasuk dari segi alfabetnya juga," jelas Putri di kantor Google Indonesia, Jakarta, Kamis (30/7/15).

Google sendiri pada saat ini telah menyediakan dua bahasa daerah pada layanan Google Translate yang bisa diakses melalui browser, yakni Bahasa Jawa dan Bahasa Sunda. Putri menyatakan dua bahasa daerah asal Indonesia itu memiliki permintaan paling banyak di Google.

"Google memberikan keputusan untuk mengeluarkan produk itu pasti melihat apa yang paling banyak dibutuhkan, itu yang akan diprioritaskan, jelas Putri saat dijumpai tim Techno.id pada acara peluncuran fitur baru di aplikasi Google Translate.

Menurut data Badan Pusat Statistik pada tahun 2000, bahasa Jawa dan Sunda memiliki populasi penutur terbanyak yakni 84,3 juta penutur bahasa Jawa dan 34 juta penutur bahasa Sunda. Wajar saja, kedua bahasa itu berada di Pulau Jawa yang notabene menjadi lokasi migrasi terbesar di Indonesia.

(brl/red)