Google siapkan Person Finder untuk bencana Nepal

Google siapkan Person Finder untuk bencana Nepal

Techno.id - Bencana gempa bumi berkekuatan 7,9 skala richter (SR) yang mengguncang Nepal beberapa hari yang lalu tampaknya telah membuat perusahaan sekelas Google merasa prihatin. Keprihatinan tersebut ditunjukkan dengan membentuk sebuah layanan khusus bernama Google Person Finder.

Layanan gratis bertajuk "Person Finder: 2015 Nepal Earthquake" ini disiapkan khusus oleh Google untuk membantu mempermudah para pengguna dalam mencari atau membagikan segala informasi mengenai bencana gempa bumi Nepal.

Melalui layanan ini, pihak korban dapat memberikan atau mendapatkan segala informasi yang berkaitan dengan bencana gempa bumi Nepal. Begitu pun sebaliknya, pengguna juga dapat membagikan segala informasi kepada para korban maupun masyarakat dunia.

Ada dua jenis layanan yang ditawarkan oleh Google Person Finder. Pertama adalah "I'm looking for someone", yang kedua adalah "I have information about someone".

Layanan "I'm looking for someone" berfungsi untuk mencari informasi melalui sebuah nama. Jika nama yang dimasukkan ke dalam kolom pencarian tersedia di dalam database Google, maka akan muncul beberapa link yang nantinya akan memberikan informasi terkait nama yang berupa biodata.

Sedangkan layanan "I have information about someone" berfungsi untuk memberikan informasi berupa biodata dari sebuah nama yang telah dimasukkan sebelumnya ke dalam kolom pencarian. Jika nama terkait tersedia di dalam database Google, maka informasi tersebut baru akan muncul.

Di samping layanan internet seperti di atas, Google juga menyediakan layanan SMS. Untuk wilayah Nepal atau India, Layanan SMS ini dapat digunakan dengan cara mengetikkan format SMS: Text "search", kemudian dikirim ke nomor +91-9773300000. Sedangkan untuk wilayah Amerika Serikat, format SMSnya adalah text "search " dan dikirim ke nomor +1 650-800-3978.

Perlu diketahui bahwa segala informasi yang dimasukkan ke dalam Google Person Finder akan dapat diakses dan digunakan oleh publik. Google mengklaim bahwa mereka tidak melakukan review atau verifikasi keakuratan data.

Layanan Google Person Finder dapat diakses di alamat URL: https://google.org/personfinder/2015-nepal-earthquake

(brl/red)