Google anggap fitur Security Questions tidak sepenuhnya aman

Google anggap fitur Security Questions tidak sepenuhnya aman

Techno.id - Pertanyaan Keamanan atau Security Questions adalah sebuah fitur 'lapis dua' yang berguna untuk meningkatkan keamanan akun internet setelah password utama. Saat ini, sudah banyak situs populer yang menerapkan metode ini guna melindungi para penggunanya.

Google anggap fitur Security Questions tidak sepenuhnya aman

Menariknya, Google sebagai salah satu situs yang juga menerapkan sistem ini justru berkata sebaliknya melalui sebuah studi yang baru-baru ini dilakukannya. Penelitian tersebut mengungkapkan, fitur Pertanyaan Keamanan ternyata tidak benar-benar dapat melindungi akun pengguna.

Dalam banyak kasus, Google mengungkapkan bahwa pengguna justru menggunakan jawaban yang cukup sederhana untuk Pertanyaan Keamanan. Hal ini karena pengguna terkadang merasa sulit untuk menghafal kata sandi yang terlalu banyak.

Di sisi lain, pengguna juga memiliki kemungkinan yang sangat kecil untuk membuat sebuah jawaban palsu untuk Pertanyaan Keamanan. Sehingga akun pengguna cukup berpotensi untuk dapat ditembus melalui perbandingan 10 kali tebakan atau bahkan kurang. Google menambahkan, strategi yang digunakan (hacker) juga sederhana, yakni dengan menggunakan kata-kata umum.

Jadi, apa alternatif lain jika fitur Pertanyaan Keamanan dianggap tidak benar-benar aman dalam melindungi akun pengguna?

Dalam studinya, Google mengungkapkan bahwa fitur keamanan berupa sms konfirmasi, alamat email alternatif, dan metode lainnya dianggap lebih aman daripada metode Pertanyaan Keamanan.

Meskipun tidak menjelaskan lebih rinci mengenai alasannya, setidaknya situs-situs raksasa selain Google seperti Apple, Facebook, Twitter, Yahoo dan sejenisnya sudah menerapkan banyak metode keamanan ke dalam beberapa lapis seperti yang dijelaskan dalam studi Google.

(brl/red)