Demi keamanan, Google usul pertanyaan Security Questions dimodifikasi

Demi keamanan, Google usul pertanyaan Security Questions dimodifikasi

Techno.id - Terkuaknya kelemahan Security Questions membuat banyak pihak tersadar bahwa sistem tersebut tak sepenuhnya aman lagi. Namun sebelum menemukan sistem baru yang lebih aman, Google menyarankan supaya pertanyaan pengaman itu dimodifikasi.

Modifikasi yang dimaksud Google ini ialah menggabungkan dua pertanyaan menjadi satu. Mereka berkelakar kalau langkah ini lebih solutif ketimbang memasukkan pertanyaan baru yang jawabannya lebih sulit. Google pun mengambil pertanyaan "What city were you born in?" dan "What is your fathers middle name?" sebagai sampel, dengan alasan kedua pertanyaan itu paling mudah diingat dan dijawab user (serta hacker).

Sebelumnya, Anda perlu mengetahui jika persentase terjawabnya kedua pertanyaan itu cukup tinggi di kalangan user, dengan angka 79 dan 74 persen. Di sisi lain, hacker juga berpeluang besar untuk membobol tiap pertanyaan itu, dengan kemungkinan 6,9 dan 14,6 persen.

Nah, setelah Google menggabungkan keduanya, ternyata persentase keberhasilan user untuk menjawab pertanyaan itu menurun menjadi 59 persen. Hal yang sama juga terjadi di kalangan hacker, dengan persentase hanya satu persen saja.

Hasil ini dinilai sebagai solusi terbaik bagi user alias win-win solution. Sebab, meski para peretas masih punya kans untuk menebaknya, persentase keberhasilannya jauh lebih rendah.

Temuan dari Google ini dipublikasikan di GoogleOnlineSecurity.blogspot.com (21/05/15). Google juga sekaligus membeberkan beberapa pertanyaan standar yang berpotensi besar untuk dibobol, seperti "What is your favorite food?" dan "What is your city of birth?"

(brl/red)