Gartner: Penjualan global Chromebook capai 7,3 juta unit di 2015

Gartner: Penjualan global Chromebook capai 7,3 juta unit di 2015

Techno.id - Salah satu lembaga riset teknologi AS, Gartner mengatakan bahwa penjualan Chromebook akan mencapai 7,3 juta unit di akhir tahun 2015. Namun benarkah riset tersebut? Jika iya, maka bukan tidak mungkin bahwa Chromebook akan menjadi sistem operasi terlaris di tahun-tahun mendatang.

Seperti dikutip AndroidAuthority (22/05/2015), Gartner mengungkapkan bahwa laptop dengan sistem operasi (bawaan) Chromebook di tahun 2014 telah terjual sebanyak 5,7 juta unit. 4,8 juta unit berasal dari Amerika Utara dan 72 persen di antaranya berasal dari Chromebook Education.

Gartner melanjutkan, jika penjualan unit di tahun 2014 ditambahkan dengan penjualan unit (sementara) di tahun 2015, maka Gartner memperkirakan bahwa di akhir tahun 2015 nanti Chromebook berpotensi akan terjual hingga 7,3 juta unit. Dengan kata lain, Chromebook mengalami peningkatan penjualan hingga 27 persen tiap tahunnya.

Sementara itu, di tahun 2014, Acer memegang posisi pertama sebagai produsen laptop Chromebook dengan angka penjualan lebih dari 2 juta unit. Samsung berada di posisi kedua dengan angka penjualan sebesar 1,7 juta unit. Sedangkan HP berada di posisi ketiga dengan angka penjualan sebanyak 1 juta unit.

Kendati segmen Chromebook Consumer dan Chromebook Education cukup mendominasi di tahun 2014, Gartner juga menyebutkan jika Chromebook Business ternyata masih belum banyak diminati masyarakat.

"Di segmen Business, penjualan Chromebook tetap rendah meskipun bunga dari para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) cukup rendah. Namun, Google tetap sasar segmen Business dengan menciptakan aplikasi Chromebook for Work suite atau Chromebook for Work office yang terus diperbarui dan membuat banyak aplikasi dan layanan tersedia secara offline," tulis Gartner dalam laporannya.

Meskipun masih jauh dan belum tentu terjadi, Gartner dalam laporannya juga menyatakan bahwa penjualan Chromebook di seluruh dunia pada tahun 2016 akan mencapai 7,9 juta unit.

(brl/red)