Gila, Huawei sukses uji coba transmisi data 1TB per detik!

Gila, Huawei sukses uji coba transmisi data 1TB per detik!

Techno.id - Laju perkembangan teknologi di dunia hampir mendekati babak anyar. Sebab baru-baru ini, Huawei mengklaim bahwa pihaknya telah sukses menguji transmisi data dengan kecepatan 1TB per detik (Tbps) melalui sinyal optik yang disebut super-channel. Mereka pun mencontohkan bahwa dengan kecepatan ini, Anda bisa mentransfer sebanyak 33 film berkualitas HD dalam sekejap!

Dalam rilis persnya (25/06/15), perusahaan asal Tiongkok itu menyebutkan kalau temuan ini akan menjadi revolusi dalam industri telekomunikasi. Pasalnya, mereka telah berhasil memperkuat inti dari jaringan telekomunikasi itu sendiri. Buktinya, kapasitas backbone sinyal optik milik Proximus, mitra Huawei dalam proyek ini, dengan saluran 200Gbps sukses dievolusikan menjadi 400Gbps.

Hal ini diamini oleh Jeffrey Gao, President of the Huawei Transmission Network Product Line, "Sektor bisnis saat ini sedang mengalami transformasi digital, sementara konsumen memerlukan konektivitas yang tinggi." Huawei pun meyakini kalau pihaknya akan menjadi pionir dalam pengembangan transmisi data hingga 20Tbps.

"Percobaan ini adalah bukti keterlibatan Huawei untuk berinovasi," simpulnya.

Proyek yang dijalani bersama Proximus, perusahaan telekomunikasi dari Eropa, ini pun membuka babak baru dalam kebutuhan manusia akan bandwidth super besar. Pasalnya, realisasi dunia yang saling terhubung alias Internet-of-Things semakin jelas arahnya. Semoga saja temuan ini bakal terus dikembangkan sehingga vendor telekomunikasi di seluruh dunia bisa melayani kebutuhan juga tuntutan konsumen yang terus meninggi.

(brl/red)