CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 14 Agustus 2015 22:00

NASA ciptakan robot tokek jelajah di luar angkasa

NASA mengembangkan robot tokek untuk memantau bagian luar pesawat luar angkasa.

NASA ciptakan robot tokek jelajah di luar angkasa

Techno.id - NASA terus mengembangkan teknologinya terutama untuk melakukan penjelajahan di luar angkasa. Baru-baru ini, laboratorium NASA Jet Propulsion menciptakan robot tokek yang terinspirasi dari perekat selotip. Seperti yang Anda ketahui bersama, selotip mempunyai daya rekat yang mudah hilang, oleh karena itu NASA meningkatkan kekuatan daya rekat robot tokeknya agar melekat sempurna.

Robot tokek ini dapat melekat ke dinding besi menggunakan kekuatan magnet. NASA memanfaatkan medan listrik positif dan negatif untuk menciptakan tarikan magnet yang dapat membuat kaki robot tokek melekat. Kekuatan daya rekat robot ini diklaim mampu bertahan dalam kondisi suhu, tekanan, dan radiasi yang ekstrem, seperti yang dilaporkan Gizmodo (14/8/15).

Sebenarnya tidak hanya medan magnet yang membuat robot ini bisa lengket dengan dinding. Kaki robot tokek ini telah dirancang menggunakan bahan yang disebut dengan van der Waals. Robot ini nantinya digunakan NASA untuk menjelajah di bagian dinding pesawat luar angkasa. Gunanya untuk memantau atau memperbaiki manakala ada kerusakan di luar pesawat yang tak bisa dijangkau oleh para astronot.

WHAT TO READ NEXT ?