Kirim roket ke planet Mars, NASA pakai mesin Ferrari?

Kirim roket ke planet Mars, NASA pakai mesin Ferrari?

Techno.id - Perjalanan ke luar angkasa sudah bukan hal baru bagi umat manusia. Sejak tahun 1960, manusia sudah melakukan perjalanan ke bulan, bahkan ke planet Mars. Banyak sekali penelitian yang telah dilakukan di sana demi kepentingan umat manusia.

Bicara soal bepergian ke luar angkasa, rasanya takkan mungkin tanpa kendaraan ruang angkasa yang dilengkapi dengan roket pendorong ekstra kuat. Itulah yang kini dikembangkan oleh NASA.

Seperti yang diberitakan oleh CNET pada hari Kamis (13/08/15), pihak NASA sedang mengembangkan roket pendorong baru untuk membawa pesawat ulang aliknya menuju planet Mars. Ada yang unik dari roket pendorong bernama RS-25 ini.

RS-25 memang dirancang untuk diterbangkan ke Mars. Kini, NASA sedang mengembangkan roket tersebut dengan mesin baru. Mesin baru ini sedang diuji coba di Stannis Space Center, Mississippi.

"Ini adalah mesin roket yang paling rumit. Karena ini adalah Ferrari-nya mesin roket," ujar Kathryn Crowe, salah seorang ahli mesin yang menangani RS-25.

Biasanya, ketika kau mendesain mesin roket, ada beberapa hal yang bisa kau tingkatkan. Entah itu meningkatkan akselerasi, menambah bobot dan menghitung rasio kecepatan, atau meningkatkan efisiensi bahan bakar. Dengan mesin ini, kau meningkatkan ketiganya," pungkasnya.

(brl/red)