Di negara-negara ini, Wi-Fi publiknya super kencang!

Di negara-negara ini, Wi-Fi publiknya super kencang!

Techno.id - Menikmati Wi-Fi umum memang menyenangkan. Selain karena sifatnya yang kebanyakan gratis, suasana dan situasi yang ada di sana juga kerap lebih seru daripada di dalam rumah. Hotspot publik juga sering menjadi jujukan utama wisatawan, pelajar, atau para Wi-Fi hunter, untuk terkoneksi dengan internet dan melakukan beragam hal.

Jika Anda termasuk dari kelompok yang sering menikmati Wi-Fi umum, tidakkah Anda penasaran di mana saja terdapat hotspot-hotspot dengan kecepatan tinggi? Nah, berdasarkan penelusuran Rotten WiFi, ternyata sebagian besar "surga kecil" itu berasal dari Eropa, dengan Lituania sebagai pemuncak daftarnya.

Dari data yang dihimpun pada bulan Desember 2014 itu, Wi-Fi umum di Lituania memiliki kecepatan download hingga 15,4 Mbps. Di bawahnya, menyusul Kroasia (14,05 Mbps) dan Estonia (13,75 Mbps).

Uniknya, di daftar 12 negara teratas itu, hanya ada satu negara dari Asia, yakni Singapura. Di Negeri Singa itu, Anda bisa mengunduh dengan kecepatan 9,49 Mbps melalui hotspot publiknya. Daftar lengkapnya, tersaji di tabel buatan Statista (08/06/15) berikut:

Di negara-negara ini, Wi-Fi publiknya super kencang!
Negara-negara dengan Wi-Fi umum tercepat di dunia 2015 statista.com

Kira-kira, kapan ya Indonesia bisa masuk ke 10 besar daftar ini?

(brl/red)