Macintosh duduki posisi satu urusan PC technical support

Macintosh duduki posisi satu urusan PC technical support

Techno.id - Selain kualitas, Macintosh atau yang biasa disingkat dengan sebutan Mac juga memiliki dukungan teknis (technical support) yang handal. Setidaknya, itulah hasil survei bertajuk "Top ranked PC Manufacturer for Technical Support" yang dilakukan oleh Customer Reports baru-baru ini.

Dalam survei yang melibatkan hingga 3.200 peserta ini, Customer Reports mencatat bahwa empat dari lima konsumen Mac sukses mengatasi masalah berkat bantuan dari tim dukungan teknis yang disediakan oleh Apple.

Sebenarnya ini bukan kali pertama Apple berada di posisi teratas untuk urusan dukungan teknis. Customer Reports pernah mengadakan survei serupa di tahun 2007 silam. Pada saat itu, Apple berada di posisi teratas perihal dukungan teknis terbaik.

Kendati begitu perlu diketahui bahwa Apple hanya menyediakan fasilitas free phone dan online technical support selama 90 hari saja. Syarat ini sangat kontras dengan pesaing utamanya Windows PC Companies yang menawarkan fasilitas serupa namun gratis selama satu tahun penuh.

Sayangnya meskipun menyediakan fasilitas gratis yang lebih lama, hasil survei terbaru justru menunjukkan hasil yang sebaliknya. Customer Reports mencatat hanya empat dari enam (sebanyak 61 persen) masalah yang datang ke meja technical support Windows berhasil terselesaikan.

Customer Reports

Customer Reports sendiri adalah sebuah lembaga swasta dengan slogan utama untuk melindungi konsumen dengan menciptakan video pembuktian dari berbagai produk. Mereka mengklaim, pihaknya adalah lembaga yang bersifat netral, tidak menerima iklan luar, free test samples, dan tidak memiliki agenda apapun selain untuk kepentingan konsumen.

Untuk melihat hasil survei yang lebih lengkap, Anda dapat langsung mengunjungi halaman situs resmi ConsumerReports.org.

(brl/red)