Meski bukan proyek menguntungkan, Google tak akan stop Android One

Meski bukan proyek menguntungkan, Google tak akan stop Android One

Techno.id - Proyek ambisius Android One telah dipublikasikan di ajang Google I/O tahun lalu. Program yang bertujuan untuk menyediakan smartphone dengan harga terjangkau plus prioritas pelayanan dari Google itu memang cukup menjanjikan. Sayang, faktanya tak demikian.

Android One terbukti belum merajai salah satu pasar utamanya, India. Menurut laporan dari AndroidAuthority (12/06/15), jumlah ponsel Android One yang laku di sana tak lebih dari 800 ribu unit. Padahal, sempat diprediksi sebelumnya kalau penjualan Android One di India bisa meroket sampai 2 juta unit.

Walau begitu, tak sedikit pun Google berniat untuk melepas proyeknya ini.

"Tidak, kami tidak mundur dari program ini. Kami cukup berkomitmen untuk itu," tegas Caesar Sengupta, Vice President of Product Management Google, pada IndiaTimes.com (11/06/15).

Lebih lanjut, petinggi Google itu telah merencanakan langkah alternatif lain untuk menyukseskan Android One ke depannya. "Kami perlu menyesuaikan dan melokalisasi produk kami lebih efektif dan lebih banyak. Bisa jadi, akan ada variasi bahasa atau konten lokal yang kami tambahkan," tambah Caesar.

Di Indonesia sendiri, sudah ada tiga vendor lokal yang digandeng Google untuk menggarap proyek Android One ini. Mereka adalah Evercoss, Nexian, juga Mito.

(brl/red)