Cuaca panas bisa bikin power bank meledak

Cuaca panas bisa bikin power bank meledak

Techno.id - Berbagai macam power bank dijual bebas di pasaran. Mulai dari power bank murahan hingga power bank berkualitas dari merek ternama. Namun, untuk keselamatan, lebih baik Anda menggunakan power bank yang berkualitas. Pasalnya, jika Anda menggunakan power bank yang abal-abal, kemungkinan power bank Anda bisa meledak seperti kasus meledaknya power bank di Penang, Malaysia.

Kejadian meledaknya power bank ini terjadi bulan lalu, ketika Penang mencatat suhu tinggi hingga 34 derajat Celcius dengan tingkat kelembaban 88 persen. Saat itu, salah satu pengguna Facebook dengan nama Tan Heng Swee memposting foto-foto mobilnya yang telah dipadamkan dari ledakan power bank.

Left the power bank in my car under extreme heat this afternoon has caused it to explode, igniting fire which destroyed...

Posted by Tan Heng Swee onSaturday, March 19, 2016

Menurut Tan, ledakan itu berasal dari power bank yang dia tinggalkan di mobil dalam keadaan cuaca panas yang ekstrem. Untunglah, ada petugas parkir yang mengetahui hal itu dan memadamkan api di dashboard sebelum api membakar seluruh bodi mobil, seperti yang dikutip dari Malaysiandigest (1/4/2016)

Dari sini dapat diambil pelajaran bahwa tidak semua power bank itu aman. Oleh karena itu, sebelum membeli power bank, sebaiknya Anda memastikan terlebih dahulu kualitas dari power bank tersebut. Selain itu, Anda juga harus menaruh power bank di tempat yang tidak terlalu panas dan menghindari pengisian daya yang berlebihan.

(brl/red)