Berkat margin yang tinggi, Apple jadi vendor paling untung awal 2015

Berkat margin yang tinggi, Apple jadi vendor paling untung awal 2015

Techno.id - Masa kejayaan Apple sepertinya masih panjang. Buktinya, analisis yang baru dilakukan oleh Canaccord Genuity mengungkap kalau perusahaan yang berbasis di Cupertino itu telah mencatatkan rekor fantastis dalam hal keuntungan.

Ya, di kuartal pertama 2015 ini, Apple sukses mendulang 92 persen dari total profit produsen smartphone dunia. Sedangkan kompetitor terberat mereka, Samsung, menduduki posisi kedua dengan porsi 15 persen saja.

Jika Anda bertanya mengapa bagaimana bisa persentase gabungan dari keduanya bisa melebihi 100 persen, alasannya sederhana saja. Sebab, kebanyakan dari kompetitor mereka tidak mampu mencatatkan keuntungan. Bahkan, beberapa malah merugi.

Menurut Canaccord Genuity, seperti dikutip dari GSMArena.com (12/07/15), faktor utama dalam kesuksesan Apple ini ialah margin produknya yang tinggi. Faktanya, harga rata-rata iPhone adalah Rp8,3 juta. Angka itu tiga kali lipat lebih tinggi ketimbang rerata banderol untuk smartphone Android yang cuma berkisar di angka Rp2,5 juta.

Apple sendiri diprediksi akan terus memperoleh keuntungan besar. Pasalnya, mereka optimistis dua model iPhone 6S bakal laku keras. Tak ayal, Apple pun berencana memproduksi kedua ponsel itu antara 85 hingga 90 juta unit.

(brl/red)