Apple benamkan sensor sidik jari dan pengisi daya pada logo buah apel

Apple benamkan sensor sidik jari dan pengisi daya pada logo buah apel

Techno.id - Belakangan, Apple sedang sibuk menjalankan penelitian untuk menanamkan berbagai sensor pada logo buah apelnya. Rencananya, Apple akan menyematkan sensor kesehatan, sensor pemindai sidik jari, dan pengisi daya pada logo tersebut. Hal ini sungguh bertolak belakang dari ponsel lainnya yang kebanyakan menyematkan sensor semacam itu pada tombol home.

Apple benamkan sensor sidik jari dan pengisi daya pada logo buah apel

Merasa belum ada yang menggunakan teknologi seperti ini, Apple segera mematenkan penemuan mereka yang diberi judul "Concealed electrical connectors" pada U.S. Patent dan kantor merek dagang. Dalam hal ini, Apple mematenkan bagian sistem listrik yang terintegrasi dengan lubang berbentuk apel atau logo dari iPhone dan iPad, seperti yang disadur dari AppleInsider (2/7/15).

Para ilmuwan Apple dikerahkan untuk membuat logo apel agar dapat dijadikan sensor yang canggih. Mereka mencoba merekayasa logo tersebut dengan menyisipkan peralatan elektrik konduktif. Namun, tim peneliti berusaha supaya logo apelnya tidak terlalu berbeda dari sebelumnya. Hanya saja, Apple mengganti logonya dengan bahan yang bukan logam. Ini bertujuan untuk meningkatkan visibilitas logo tersebut.

Adapun sensor kesehatan yang disiapkan Apple ditujukan untuk memonitor detak jantung, pemindai konduktivitas kulit. Selain itu, masih ditambah pula dengan sensor pemindai sidik jari dan pengisi daya. Jadi, nantinya pengguna bisa mengisi daya iPhone melalui charger docking yang tanpa kabel.

Namun, seperti halnya dengan paten Apple yang lain, teknologi sensor pada logo ini kemungkinan belum akan diwujudkan pada produk terbaru mereka. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan Apple akan mencoba teknologi ini pada salah satu perangkat mereka.

(brl/red)