Artikel palsu ini ternyata bertahan di Wikipedia selama 10 tahun!

Artikel palsu ini ternyata bertahan di Wikipedia selama 10 tahun!

Techno.id - Seperti diketahui, Wikipedia dikenal sebagai salah satu referensi terlengkap dan terpercaya yang pernah ada. Namun siapa sangka jika situs berusia 15 tahun ini ternyata menyimpan artikel palsu selama 10 tahun?

Menurut laman Tech Insider (04/02), hal ini pertama kali ditemukan oleh salah seorang editor bernama 'Calamondin12'. Sementara itu, artikel palsu tersebut adalah bercerita tentang karakter fiktif bernama Jack Robichaux.

Di artikel itu, Robichaux digambarkan sebagai seorang pemerkosa berantai Amerika Serikat di abad ke-19. Selain pemerkosa, ia juga disebutkan sebagai seorang musisi Jazz profesional di New Orleans.

Dari penelusuran Calamondin12, pemain musisi Jazz bernama belakang Robichaux ternyata memang benar-benar ada. Hanya saja, nama depannya adalah John. Sehingga, nama Jack Robichaux tak lain hanyalah fiktif.

Menurut informasi yang beredar, artikel palsu Jack Robichaux dibuat oleh dua orang sahabat bernama Bill Maas dan Van Robichaux. Mereka berdua pun mengaku membuat karakter fiktif itu hanya karena bermotif iseng belaka.

"Kami hanya ingin menyajikan informasi palsu di Wikipedia, kurang lebih hanya sebagai tantangan. Kami sudah coba banyak artikel sebelumnya, namun selalu gagal (kecuali Jack Robichaux)," ujar Maas.

Sebuah fakta menariknya, bertahan selama 10 tahun ternyata membuat artikel Jack Robichaux tercatat sebagai artikel palsu terlama (yang dapat bertahan) dalam sejarah Wikipedia.

(brl/red)