CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 2 November 2015 18:00

Wikipedia bahasa Inggris sudah lampaui lima juta artikel

Wikipedia butuh lebih dari 100 juta artikel untuk mencukupi semua pengetahuan di seluruh dunia.

Wikipedia bahasa Inggris sudah lampaui lima juta artikel

Techno.id - Setelah hampir 15 tahun memberikan informasi secara gratis kepada pengguna internet, Wikipedia mengumumkan bahwa saat ini telah mempublikasikan lebih dari lima juta artikel berbahasa Inggris. Prestasi ini dicapai setelah Wikipedia memposting artikel tentang persoonia terminalis.

Wikipedia sendiri diluncurkan pada tanggal 15 Januari 2001. Tujuh tahun kemudian, tepatnya tahun 2007 Wikipedia sudah mengantongi sebanyak dua juta artikel. Lalu, bertambah menjadi tiga juta artikel pada tahun 2009 dan empat juta artikel pada tahun 2012. Bila sekarang sudah menginjak ke artikel ke lima juta, berarti Wikipedia tergolong stabil meningkatkan satu juta artikel setiap tiga tahun sekali.

Selain itu, Wikipedia adalah satu-satunya situs yang dijalankan oleh sebuah perusahaan non-profit. Ukuran total penyimpanan Wikipedia berkapasitas 30 terabyte. Wikipedia juga diperkirakan telah menggunakan 18 juta referensi dan lebih dari 2,5 miliar kata untuk semua artikelnya. Wikipedia bahasa Inggris ditulis oleh jutaan relawan dari seluruh dunia. Jumlah itu terdiri dari lebih dari delapan juta akun yang sudah log in dan jumlah yang tak terhitung untuk editor anonim.

Lima juta artikel ini belum bisa mewadahi semua pengetahuan yang ada di dunia. Menurut salah satu relawan Wikipedia, dia memperkirakan setidaknya Wikipedia harus memiliki lebih dari 100 juta artikel untuk mencukupi semua pengetahuan di seluruh dunia, seperti yang dikutip dari blog.wikipedia (1/11/15).

WHAT TO READ NEXT ?