CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 19 Januari 2016 06:00

Apakah founder Wikipedia berniat memonetisasi situs buatannya itu?

"Saya bukan orang yang sangat tergila-gila dengan uang."

Apakah founder Wikipedia berniat memonetisasi situs buatannya itu?

Techno.id - 15 Januari 2001 silam, Jimmy Wales dibantu rekannya Larry Sanger meluncurkan Wikipedia. Ensiklopedia online multibahasa ini dijalankan secara bebas dan terbuka oleh Wikimedia Foundation tanpa embel-embel monetisasi alias gratis.

Namun dengan semakin kuat dan terkenalnya Wikipedia seperti sekarang, tidakkah Jimmy menyesal tak memonetisasinya dari dulu? Atau mungkin menjejalinya dengan iklan? Ternyata, Jimbo - sapaan akrab Jimmy - dengan tegas menjawab tidak.

"Saya tidak menyesal sama sekali. Hidup saya sangat asyik, saya bisa bertemu dengan bermacam-macam orang dan melakukan apa pun yang saya suka. Saya pun melakukan banyak hal dalam hidup saya, seperti melobi pejabat pemerintah, dan itu sangat menarik. Saya bukan orang yang sangat tergila-gila dengan uang," terangnya pada Telegraph.co.uk (15/01/16).

Pria yang mengidolakan temannya sendiri yakni Mark Zuckerberg itu sebenarnya ingin Wikipedia berkembang selaras dengan peradaban umat manusia. Setidaknya, setiap orang di planet ini bisa memanfaatkan Wikipedia sebagai akses ilmu pengetahuan gratis. Bahkan, ia ingin ke depannya Wikipedia bisa diakses langsung lewat ponsel tanpa perlu koneksi internet.

Di usia Wikipedia yang sudah 15 tahun ini, situs itu menerima 7.000 artikel baru per harinya dengan 15 miliar page view dalam sebulan. Karena bebas dan gratis, Wikipedia dikelola oleh para kontributor dan editor dari seluruh dunia yang jumlahnya mencapai 80 ribu orang.

WHAT TO READ NEXT ?