Wiki Education: Tahun 2016 adalah Wikipedia Year of Science

Wiki Education: Tahun 2016 adalah Wikipedia Year of Science

Techno.id - Wiki Education Foundation, sebuah perusahaan penjembatan antara situs Wikipedia dengan universitas Amerika Serikat dan Kanada, mengumumkan bahwa tahun 2016 adalah tahun "Wikipedia Year of Science". Demikian menurut laporan terbaru sebagaimana dikutip dari Ars Technica (23/01).

Jika Anda belum pernah mendengar sebelumnya, Wiki Education adalah perusahaan nirlaba yang memiliki tujuan utama sebagai penyedia fasilitas bagi semua universitas yang ikut terlibat dengan proyek-proyek situs Wikipedia.

Sebagai contoh, sebuah universitas yang bekerja sama dengan Wiki Education diminta untuk menentukan topik-topik tertentu (yang berhubungan dengan proyek Wiki Education). Selanjutnya, pihak perusahaan menyediakan segala fasilitas yang dibutuhkan oleh para mahasiswa.

Para mahasiswa (dengan fasilitas yang diberikan oleh Wiki Education), nantinya diminta untuk mengedit konten untuk situs Wikipedia, hingga memberikan referensi yang tepat. Tujuannya jelas, agar Wikipedia dapat tetap memberikan informasi yang tepat dan akurat.

Tahun ini, Wiki Education Foundation tengah menargetkan kerja sama tersebut di bidang sains (Science). Dengan dukungan dari Simons Foundation dan Google Incorporated, Wiki Education pun berniat meramaikan tahun 2016 dengan tema sains yang berbeda-beda tiap bulannya.

Sebagai informasi tambahan, di bulan Februari 2016 mendatang, tema yang akan diusung Wiki Education adalah Zoologi. Adapun tujuan dari tema ini adalah untuk meningkatkan informasi biografis bagi para ilmuwan perempuan di seluruh universitas naungan Wiki Education.

(brl/red)