CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 22 April 2016 14:00

Berapa biaya yang dihabiskan FBI untuk bobol iPhone?

Hanya untuk membobol satu jenis iPhone, Biro Investigasi Federal AS itu diperkirakan menghabiskan sekitar Rp 17 miliar!

Berapa biaya yang dihabiskan FBI untuk bobol iPhone?

Techno.id - Beberapa bulan belakangan, Apple tengah menjadi sorotan publik karena berani menolak permintaan Biro Investigasi Federal (FBI) untuk membuka akses iPhone milik terduga teroris San Bernardino. Penolakan ini pun lalu berbuntut panjang.

Bak tamparan keras, FBI ternyata tak menyerah begitu saja. Mereka langsung menyewa sekelompok hacker untuk meretas iPhone tersebut walau pada akhirnya tak mendapat informasi yang diharapkan. Pertanyaannya, berapa biaya yang dibutuhkan FBI?

Berdasarkan perhitungan Reuters (21/04), FBI diperkirakan telah mengucurkan dana sekitar USD 1,3 juta atau setara Rp 17 miliar. Ya, angka ini sangat fantastis jika hanya untuk meretas iPhone. Belum lagi minimnya informasi yang mereka dapatkan.

Perlu diketahui bahwa angka ini bukanlah angka resmi yang dirilis oleh pihak FBI. Meski demikian, Reuters mengklaim jika angka tersebut didapatkan dari mengolah langsung pernyataan Direktur FBI, James Comey.

"Banyak. Bahkan lebih banyak dari gaji saya selama bekerja di sini (FBI), di mana saya telah menghabiskan sekitar tujuh tahun empat bulan. Tapi dalam pandangan saya pribadi, hal itu (pengeluaran Rp 17 miliar) masih layak," ujar Comey kala itu.

Pernyataan Comey terkait kata "layak" di atas memang cukup menarik. Padahal, dana sebesar itu hanya digunakan untuk tidak menghasilkan apa-apa. Terlebih lagi metode peretasan itu diakui FBI hanya berlaku untuk satu jenis iPhone (5c).

WHAT TO READ NEXT ?