CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 17 April 2016 16:00

Ini cara 'cerdas' FBI membobol iPhone tanpa bantuan Apple

iPhone 5C Syed Farook dilaporkan sukses diretas berkat hacker bayaran tentara elit AS tersebut.

Ini cara 'cerdas' FBI membobol iPhone tanpa bantuan Apple

Techno.id - Perselisihan antara FBI melawan Apple mereda setelah tentara elit Amerika Serikat itu mengaku berhasil membobol iPhone Syed Farook, pelaku terorisme di San Bernardino. Karena Tim Cook cs berkomitmen untuk tidak membantu FBI, akhirnya FBI menyewa sekumpulan hacker untuk melakukan tugas tersebut.

Hal ini sesuai dengan laporan dari WashingtonPost.com (12/04/16), yang sekaligus mengungkap bagaimana peretas bayaran itu beraksi. Para hacker itu masuk ke iPhone 5C milik Farook dengan memanfaatkan celah keamanan di software iPhone yang belum ditemukan sebelumnya. Lewat celah ini, mereka mampu membuat sebuah hardware yang membantu membuka iPhone tanpa mengusik fitur keamanan yang bisa menghapus semua data di iPhone.

Walau enggan memberitahukan pada publik siapa para hacker itu, FBI mau angkat bicara soal topik lain. Menurut penuturan James Comey, Direktur FBI, solusi yang mereka tempuh ini cuma berlaku di iPhone 5C dengan iOS 9. FBI pun mempertimbangkan untuk menyampaikan celah ini pada Apple untuk diperbaiki.

WHAT TO READ NEXT ?