CONNECT WITH US
Erick |
 22 Maret 2016 05:00

Benarkah Apple Car tak bisa diretas?

Peretasan perangkat elektronik adalah salah satu ketakutan masyarakat akan hadirnya kendaraan driverless.

Benarkah Apple Car tak bisa diretas?

Techno.id - Salah satu ketakutan masyarakat akan kendaraan autonomous adalah pembajakan. Ya, dengan semakin majunya penerapan teknologi, tentu saja celah yang dilakukan para hacker untuk membajak perangkat elektronik pastilah semakin terbuka lebar. Lalu, bagaimana solusinya?

Seperti yang telah diberitakan oleh Apple Car Fans pada hari Senin (21/03/16), berbagai cara sedang diupayakan oleh para produsen otomotif dunia, agar kendaraan besutannya aman dari ulah para hacker. Apalagi setelah beberapa waktu lalu beberapa media mengungkap bahwa para hacker telah mampu masuk dalam sistem yang ada dalam Nissan LEAF.

Ilustrasi Apple CarPlay
© 2016 applecarfans.com/applecarfans.com

Cukup mengejutkan memang, apalagi Nissan LEAF adalah kendaraan elektrik yang terrgolong baru dan bahkan belum dirilis global. Para hacker tersebut bisa masuk dalam sistem LEAF melalui celah yang terdapat pada browser internet. What?

Namun tampaknya kejadian tersebut tak menyurutkan para raksasa otomotif untuk menghentikan langkahnya. Bahkan mereka meneliti lebih dalam agar kendaraannya aman dari tangan peretas. Hal tersebut telah berhasil dibuktikan oleh Apple.

Bisa dikatakan, 2020 adalah tahunnya Apple Car. Pihak Apple mengatakan bahwa kendaraannya dijamin bebas dari hacker. Sudah bukan rahasia lagi memang, bahwa tingkat pengamanan yang dilakukan oleh Apple tak perlu diragukan. Logikanya, jika FBI, NSA, dan bahkan CIA tak mampu menembus pertahanan iPhone, artinya Apple Car bakal memiliki tingkat keamanan yang lebih baik, bukan? Bagaimana menurut Anda sendiri?

 

WHAT TO READ NEXT ?