Asyik, Pemprov DKI Jakarta akan bangun markas startup

Asyik, Pemprov DKI Jakarta akan bangun markas startup

Techno.id - Tidak ada wadah dan lokasi tempat berkumpul startup maupun pengembang aplikasi dikeluhkan para pegiat teknologi di Indonesia. Keluhan itu juga ditujukan kepada pemerintah daerah di Jakarta yang tengah gencar menggandeng para pegiat teknologi dalam rangka mengembangkan konsep smart city.

Tak perlu menunggu lama, perwakilan dari pemerintah provinsi DKI Jakarta mengaku akan segera menyediakan lokasi yang bisa dimanfaatkan sebagai basecamp bagi para developer aplikasi lokal.

"Kita sadar perlu ada wadah dan lokasi yang bisa dijadikan tempat berkumpul startup dan developer di Jakarta supaya mereka bisa lebih kreatif dan produktif. Sekarang sedang dalam tahap pembicaraan," kata Setiaji, Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Smart City DKI Jakarta.

Lebih lanjut, Setiaji memaparkan lokasi yang dibangunnya itu belum tahu akan dikelola seperti apa nantinya. Namun, ia menyebutkan system co-working space yang sedang ngetren bisa dipakai sebagai salah satu sistem pengelolaan dari fasilitas basecamp bagi para pegiat teknologi tersebut.

"Co-working space juga bagus sih sistemnya, tapi mungkin digratiskan atau bayar nantinya belum tahu masih dalam pembicaraan. Sudah minta tempatnya ke Jakarta Propertindo sebagai BUMD yang mengurusi gedung dan property Jakarta, semoga segera bisa kita bikin markas buat developer," tandas Setiaji.

Soal dana yang akan dialokasikan pada pembangunan fasilitas anyar pendukung industri teknologi maupun konsep smart city Setiaji menolak angkat bicara. "Dana nanti bisa disiapkan, masih dalam proses tapi saya sih maunya cepat jadi biar bisa cepat dipakai," tandasnya.

(brl/red)