Dari Silicon Valley, dua pemuda ini kembangkan MPOS di Indonesia

Dari Silicon Valley, dua pemuda ini kembangkan MPOS di Indonesia

Techno.id - Haryanto Tanjo dan Grady Laksmono, adalah dua orang pemuda asal Indonesia yang telah merasakan asam manis industri teknologi dan bisnis online dunia. Pernah bekerja di beberapa perusahaan raksasa Silicon Valley, seperti Google, Yahoo, Zynga, serta merintis bisnis online di Amerika, Grady dan Haryanto akhirnya sepakat untuk memulai bisnis point of sale (sistem yang membantu melakukan pencatatan atas segala jenis transaksi bisnis) mobile di Indonesia pada tahun 2014.

Dilansir oleh TechInAsia, ide awal startup ini bermula ketika Haryanto memulai perusahaan e-commerce yang fokus menjual pakaian di San Fransisco beberapa tahun lalu. Selain memasarkannya di Amerika, Haryanto juga memasarkan produknya ini di Jakarta. Namun seiring berjalannya waktu, Haryanto merasa kerepotan untuk melacak transaksi penjualannya di Jakarta.

"Saya harus melakukan pelacakan secara manual mengenai transaksi penjualan produk di Indonesia karena saya tidak mampu menggunakan sistem POS tradisional yang kala itu biayanya sangat mahal. Lalu, kemudian saya berpikir: mengapa tidak merancang POS mobile dengan solusi pembayaran terpadu yang dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan bisnis?" jelas Haryanto.

Dari Silicon Valley, dua pemuda ini kembangkan MPOS di Indonesia

Setelah bertemu dengan Grady, akhirnya Haryanto mempunyai kesempatan untuk mewujudkan mimpinya tersebut, terlebih karena partnernya tersebut telah memiliki pengalaman yang begitu banyak di dunia ini. Ditambah lagi, situs ini mendapatkan sejumlah modal dari investor lokal, East Ventures (perusahaan permodalan yang memberikan investasi ke beberapa bisnis startup Asia, seperti TechInAsia), kedua pemuda ini berambisi untuk mengembangkan point of sale mobile di Indonesia.

Ambisi dari Haryanto dan Grady bukan tanpa alasan, karena saat ini bisnis retail di Indonesia yang merupakan sasaran dari bisnis ini, sedang berkembang pesat, yakni sekitar 19% pada tahun 2014, lebih tinggi daripada negara Asia Tenggara lainnya. Nah, jika Anda saat ini sedang berencana menggunakan sistem POS pada bisnis Anda, Mokapos adalah tujuan yang tepat untuk memperlancar manajemen bisnis Anda. Kendati saat ini Mokapos hanya dapat di akses oleh Anda pengguna iPad, namun ke depannya startup ini akan mengembangkan beberapa fitur dan alat pendukung sistem POS mobile agar para pelaku bisnis dapat menjalankan kegiatan operasionalnya secara efisien dan dapat mengakses informasi secara real time.

(brl/red)