CONNECT WITH US
Indah Pertiwi |
 19 Februari 2016 12:14

5 Alasan ini yang bakal bikin Anda ingin berkarir di startup

Masih ragu untuk berkarir di bisnis startup?

5 Alasan ini yang bakal bikin Anda ingin berkarir di startup

Techno.id - Perkembangan teknologi dan pertumbuhan pasar digital di Indonesia membuka banyak peluang bagi startup berbasis digital untuk berkembang. Dari sisi pasar tenaga kerja, kemunculan startup juga membuka kesempatan yang lebih luas bagi para pencari kerja. Meski masih ada pandangan bahwa startup merupakan perusahaan yang belum mapan, namun startup mulai menarik perhatian para pencari kerja.

Berdasarkan penilaian langsung dari para karyawan dan mantan karyawan melalui website Jobplanet, beberapa hal yang menjadi daya tarik startup antara lain, budaya perusahaan, gaji dan tunjangan, serta jenjang karier yang lebih baik, work-life balance, dan manajemen. Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia mengungkapkan, ”Dari kelima faktor tersebut, yang menjadi daya tarik startup di mata karyawan dan pencari kerja adalah faktor budaya perusahaan serta gaji dan tunjangan. Faktor lain yang juga menarik perhatian adalah kesempatan meraih karier yang lebih terbuka.”

Budaya perusahaan

Di antara sepuluh startup yang membuat penasaran para pencari kerja, Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak.com mendapatkan rating budaya perusahaan yang tertinggi, yakni sama-sama meraih rating 4,3. Menyusul di belakang mereka adalah Blibli.com (4,2), OLX Indonesia (4,0), Lazada (3,8), Go-Jek (3,7), Bhinneka.com (3,4), KMK Online (2,7), dan Zalora (2,3).

“Rating 4,0 mewakili penilaian ‘puas’. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa karyawan atau pun mantan karyawan Tokopedia, Traveloka, Bukalapak.com, Blibli.com, dan OLX Indonesia merasa puas dengan budaya perusahaan tempat mereka bekerja,” ujar Kemas.

Gaji dan tunjangan

Dari segi gaji dan tunjangan, Blibli.com dan Traveloka mendapatkan rating paling tinggi dari para karyawan dan mantan karyawannya. Kedua startup e-commerce tersebut sama-sama mendapatkan rating gaji dan tunjangan sebesar 4,3. Menyusul di belakang mereka adalah OLX Indonesia (3,8), Tokopedia (3,7), Go-Jek (3,6), Bukalapak.com, Zalora, dan Lazada yang sama-sama mendapatkan rating 3,3; diikuti oleh KMK Online (2,6) dan Bhinneka.com (2,5).

Jenjang karier

Startup dipandang sebagai tempat yang tepat untuk menimba ilmu dan menempa karier, di mana kontribusi setiap individu dapat terlihat jelas dan terukur, serta kesempatan untuk meniti jenjang karier masih terbuka. Rata-rata rating jenjang karier di perusahaan startup secara keseluruhan adalah 3,3. Dengan demikian, Blibli.com, Traveloka, Tokopedia, dan Lazada diakui karyawan memberikan kesempatan yang lebih besar untuk mengembangkan karier mereka.

Work-life balance

Rata-rata rating work-life balance dari seluruh startup yang ada di website Jobplanet adalah sebesar 3,5. Startup yang mendapatkan rating work-life balance tertinggi dan di atas rata-rata adalah Blibli.com dan Bukalapak.com, yakni sama-sama sebesar 4,3. Menyusul mereka, ada Tokopedia 3,9 serta Go-Jek, OLX Indonesia, dan Traveloka yang sama-sama mendapatkan rating 3,8.

WHAT TO READ NEXT ?