Indonesia jadi negara paling 'berkicau' di bulan Ramadan

Indonesia jadi negara paling 'berkicau' di bulan Ramadan

Techno.id - Momen Ramadan dan Idul Fitri 1436 H boleh dikatakan cukup berbeda jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika belakangan masyarakat Indonesia masih banyak yang memanfaatkan layanan telepon dan pesan singkat untuk saling berucap selamat, kini tren tersebut telah berpindah ke situs media sosial.

Ya, pesatnya perkembangan pasar smartphone di Tanah Air berimbas pada kian meleknya masyarakat Indonesia terhadap teknologi internet. Faktanya, rekaman Twitter selama bulan Ramadan telah melaporkan bahwa Indonesia merupakan negara yang paling banyak berkicau di Twitter.

Indonesia jadi negara paling 'berkicau' di bulan Ramadan

Meskipun pihak Twitter tidak menyebutkan berapa jumlah total kicauan yang ada di Indonesia selama bulan suci Ramadan, Twitter telah memetakan percakapan tersebut melalui sebuah gambar peta dunia. Seperti tampak pada gambar, semakin terangnya titik warna kuning, maka semakin banyak pula kicauan tersebut berasal.

Selain itu, Twitter juga hanya menyebutkan jumlah total kicauan secara global (tidak spesifik ke suatu negara). Adapun selama bulan Ramadan berlangsung, Twitter telah mencatat ada lebih dari 8,4 miliar kicauan impression (yang berasal dari seluruh dunia) yang berkaitan dengan Ramadan.

(brl/red)