CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 7 Juli 2015 11:00

Pentingkah tunjukkan hari ulang tahun di profil Twitter?

Menurut pengamatan beberapa ahli, menunjukkan tanggal lahir di profil Twitter memang menyenangkan tapi cukup berisiko.

Pentingkah tunjukkan hari ulang tahun di profil Twitter?

Techno.id - Senin, 6 Juli kemarin, Twitter mengumumkan melalui blognya bahwa kini pengguna bisa menunjukkan kapan hari ulang tahunnya di profil jejaring sosial berlambang burung tersebut. Di fitur baru tersebut nantinya ketika tiba waktu ulang tahun Anda, secara otomatis timeline Anda akan dihiasi balon-balon berterbangan dan memungkinkan teman-teman Anda di Twitter memberikan ucapan kepada Anda.

Seperti dilaporkan oleh USAToday (6/7/15), fitur terbaru ini diakui Twitter sebagai salah satu cara untuk menunjukkan konten yang relevan dengan profil Anda, termasuk salah satunya iklan. Ya, beberapa waktu belakang Twitter memang sedang fokus meluncurkan beberapa fitur yang memudahkan jejaring sosial tersebut untuk memberikan konten yang sesuai dengan profil penggunanya, seperti iklan yang tepat bagi yang sedang berulang tahun atau iklan berdasarkan gender pengguna.

Diakui oleh berbagai pihak, kemunculan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menunjukkan hari ulang tahunnya di profil Twitter merupakan langkah yang menyenangkan tetapi cukup berisiko. Pasalnya, membocorkan tanggal lahir di media sosial akan membuat Anda rentan terhadap pencurian identitas.

Pengamat privasi publik, Jeffrey Chester mengatakan pengguna Twitter harus berpikir dua kali sebelum menambahkan hari ulang tahunnya ke profil. Pasalnya, selain rentan terkait pencurian identitas, memunculkan hari ulang tahun di profil secara tidak langsung akan membuat timeline Anda berisi iklan yang cukup mengganggu. Ya, sebagai jejaring sosial yang tergantung pada iklan dan hampir tidak pernah dapat mencapai laba yang cukup menguntungkan seperti yang dicatat oleh Facebook dan Google, membuat Twitter melakukan segala cara untuk menghasilkan pundi-pundi dollar dari pengiklan dengan mengorbankan timeline pengguna yang akan dipenuhi dengan iklan-iklan.

Jadi, jika Anda tak ingin timeline Twitter Anda dipenuhi dengan iklan-iklan yang cukup mengganggu, maka berpikirlah dua kali untuk menunjukkan ulang tahun di profil Twitter Anda.

WHAT TO READ NEXT ?