India blokir internet gratis Facebook, bagaimana dengan Indonesia?

India blokir internet gratis Facebook, bagaimana dengan Indonesia?

Techno.id - Sempat mendapat penentangan dari pemerintah setempat, akhirnya layanan Free Basics resmi dicabut dari India. Layanan yang memungkinkan pengguna mengakses situs tertentu secara gratis itu dinilai pemerintah India menodai netralitas internet. Di samping itu, Free Basic juga dianggap menguntungkan situs-situs yang menumpang pada platform tersebut.

"Free Basic tak lagi tersedia untuk masyarakat di India," demikian tulis perwakilan Facebook melalui pernyataan tertulis pada IndiaTimes.com (11/02/16).

Sebagai gambaran, untuk mengakses situs-situs yang masuk ke layanan Free Basic, pengguna tak perlu menghabiskan kuota data internetnya. Hal sebaliknya berlaku saat user mengakses situs-situs di luar layanan tersebut.

Lalu, apakah embargo ini juga berlaku bagi pengguna Free Basic di negara lain? Jawabannya tidak. Facebook tetap menyediakan layanan internet gratis itu di 16 negara lain, termasuk di Indonesia. Di Tanah Air, layanan yang dulunya bernama Internet.org ini disediakan oleh Indosat. Pelanggan prabayar IM3, Mentari, dan pelanggan pascabayar Matrix pun bisa menikmati akses internet tanpa pulsa ini.

(brl/red)