8 Alasan mengapa kerja di Facebook lebih baik daripada di Google

8 Alasan mengapa kerja di Facebook lebih baik daripada di Google

Techno.id - Facebook sudah berkelana selama 12 tahun, sejak diluncurkan pertama kali oleh Mark Zuckerberg. Saking lamanya, saat ini Facebook telah mengalahkan Google dalam hal lapangan pekerjaan. Menurut BusinessInsider (5/2/2016), perusahaan Facebook menjadi tempat kerja terbaik dan Google berada di posisi kedua setelah Facebook.

Bagaimana mungkin Facebook mengalahkan Google? Jika Anda tak percaya, berikut beberapa alasan yang dapat menjelaskan mengapa kerja di Facebook lebih baik daripada kerja di Google.

Pekerja di Facebook lebih bahagia

Menurut survei PayScale, karyawan di Facebook mempunyai tingkat kepuasan 93 persen lebih besar bila dibandingkan dengan karyawan Google yang hanya 84 persen. "Setiap pagi ketika masuk kerja, saya merasa menjadi orang paling beruntung di muka bumi ini, " tulis seorang Facebook data scientist di Glassdoor.

Karyawan Facebook diberikan lebih banyak kebebasan

Ada banyak faktor yang berkontribusi untuk tingkat kebahagiaan. Namun, salah satu alasan mengapa pekerja Facebook lebih bahagia adalah kebebasan. Mereka diberikan kebebasan untuk memberikan kritik dan saran kepada manajernya.

"Dibandingkan dengan karyawan Google yang terstruktur, karyawan Facebook lebih dibebaskan dalam hal mengkritik atasan. Kebebasan semacam ini mungkin bisa dijadikan pendorong terbaik agar karyawan dapat bekerja lebih baik, " Don Paul, mantan karyawan Facebook.

Pekerja Facebook bisa mendapat gaji lebih besar daripada di Google

Rata-rata seorang karyawan berpengalaman di Facebook mendapat gaji sekitar Rp 1,838 miliar per tahun. Sementara Google, hanya menggaji karyawannya sekitar Rp 1,810 miliar per tahun. Begitu pula dengan orang yang magang. Rata-rata Facebook memberikan gaji magang sekitar Rp 100 juta per bulan, sedangkan Google hanya sekitar Rp 98 juta per bulan.

(brl/red)