CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 21 Desember 2015 08:00

Facebook: Keakuratan pendeteksi wajah kami sudah meningkat 60 persen

Dalam setahun terakhir, tim Facebook AI Research (FAIR) telah membuat deteksi objek dan teknologi segmentasi meningkat hingga 60 persen

Facebook: Keakuratan pendeteksi wajah kami sudah meningkat 60 persen

Techno.id - Jika sering mengunggah foto di Facebook, Anda pasti menyadari bahwa Facebook dapat mendeteksi setiap wajah yang ada di dalam foto. Ya, selesai mengunggah foto, Facebook akan meminta Anda untuk menandainya dengan fitur bernama Tag.

Menurut CTO Facebook Mike Schroepfer, fitur tersebut kini sudah jauh lebih baik. Bahkan di penghujung akhir tahun ini, akurasi teknologi pendeteksi wajah media sosial besutan Mark Zuckerberg itu diklaim sudah meningkat hingga 60 persen.


Teknologi pendeteksi wajah Facebook dari masa ke masa
© 2015 Facebook

"Mengajari komputer untuk dapat mendeteksi dan membedakan antara objek, adalah sesuatu yang dikerjakan oleh tim Facebook AI Research (FAIR) dalam setahun terakhir," ujar Schroepfer sebagaimana dikutip dari VentureBeat (18/12).

"Mereka telah membuat kemajuan besar dalam waktu singkat. FAIR telah mampu membuat deteksi objek dan teknologi segmentasi meningkat hingga 60 persen dalam satu tahun," tambahnya.

Menurutnya, peningkatan akurasi ini telah dibuktikan Facebook dengan meraih posisi dua di kompetisi Microsoft Common Objects in Context (COCO) 2015. Kendati demikian, Microsoft masih mengungguli Facebook dengan menempati posisi pertama.

WHAT TO READ NEXT ?