CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 2 Februari 2016 16:00

Facebook bantu Anda temukan konten ideal dengan algoritma terbaru

Dengan algortima baru, bagian teratas News Feed akan menampilkan konten yang berbeda antara satu pengguna dengan pengguna lainnya.

Facebook bantu Anda temukan konten ideal dengan algoritma terbaru

Techno.id - Demi meningkatkan pengalaman berjejaring sosial para pelanggannya, kini Facebook dilaporkan telah menggunakan algoritma baru untuk mengatur tampilan News Feed. Kabarnya, kini pengguna akan dimanjakan dengan kemunculan konten yang sesuai dengan minat di bagian atas News Feed.

Dalam postingan di Newsroom-nya (1/2/16), pihak Facebook mengungkapkan bahwa algoritma baru akan membuat pengguna bisa menikmati konten di bagian atas News Feed dengan dua cara. Yang pertama, algoritma bakal menampilkan konten yang sesuai dengan minat pengguna.

Lalu yang kedua, algoritma bakal menampilkan konten berdasarkan postingan yang sering pengguna like, komentari, atau klik. Menariknya, tak peduli apakah konten itu viral atau malah belum banyak menerima banyak klik, like, atau komentar, jika itu sesuai dengan minat dan kebiasaan pengguna maka algoritma secara otomatis akan menampilkannya ke bagian teratas News Feed pengguna.

Selain itu, pihak Facebook juga mengungkapkan bahwa kehadiran algoritma baru ini nantinya juga akan memberi dampak pada pengguna yang memiliki Halaman atau Pages. Pihak Facebook mengatakan jika hadirnya algoritma akan membuat beberapa Halaman atau Pages mengalami kenaikan atau malah penurunan trafik.

Hal ini diakui oleh Facebook sebagai dampak wajar penggunaan algoritma. Pasalnya, dengan algoritma ini maka hanya konten Pages yang banyak memuat hal-hal menarik penggunalah yang akan banyak muncul di News Feed teratas, sedangkan Pages dengan konten yang tak jelas secara otomatis akan jarang muncul di bagian teratas News Feed.

Sekadar informasi, sebelum memutuskan merilis algoritma baru untuk News Feed, pihak Facebook diketahui melakukan survei kepada ribuan penggunanya. Pengguna terpilih kabarnya bakal diminta untuk mengisi sejumlah pertanyaan pada form khusus yang disebut Feed Quality Panel untuk mengetahui apa sebenarnya yang mereka harapkan dari layanan News Feed Facebook.

WHAT TO READ NEXT ?