CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 19 Februari 2016 11:00

Untuk pertama kalinya, NASA temukan exoplanet beratmosfer

Akankah exoplanet tersebut dapat ditinggali?

Untuk pertama kalinya, NASA temukan exoplanet beratmosfer

Techno.id - NASA (National Aeronautics and Space Administration) baru-baru ini mengklaim telah menemukan sebuah exoplanet atau planet di luar tata surya yang memiliki atmosfer. Penemuan ini cukup mengejutkan, pasalnya exoplanet ini adalah satu-satunya planet yang memiliki atmosfer di luar tata surya yang pernah ditemukan NASA.

Sebagaimana dilansir oleh Engadget (17/2/16), NASA tak sendirian menemukan exoplanet bernama 55 Cancri e tersebut. Ya, badan antariksa Amerika itu kabarnya dapat menemukan exoplanet berjarak 40 tahun cahaya berkat bantuan dari ESA (European Space Agency) dan juga University College London.

Menggunakan teleskop Hubble Wide Field Camera 3 (WFC3), diketahui jika atmosfer exoplanet 55 Cancri e ternyata berasal dari hidrogen dan helium yang tersisa dari nebula selama masa awal pembentukan planet. Dengan bantuan teleskop juga diketahui bahwa exoplanet tersebut memiliki ukuran delapan kali lebih besar ketimbang bumi dan memiliki permukaan berbatu.

Kendati memiliki atmosfer yang dikatakan hampir mirip seperti di bumi, peneliti NASA mengatakan jika tak ditemukan tanda-tanda kehidupan di exoplanet tersebut. Selain itu, exoplanet ini letaknya sangat dekat dengan pusat bintangnya sehingga bisa dipastikan suhu di permukaan 55 Cancri e sangatlah panas yakni sekitar 2.000 derajat celcius dan waktu di sana berputar sangat cepat yakni setahun di sana ibarat 18 jam saja di bumi.

WHAT TO READ NEXT ?