CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 15 Januari 2016 05:00

Ingin nikmati fenomena gerhana matahari total? Ke 10 provinsi ini saja

Di 10 provinsi ini, Anda bisa menikmati fenomena gerhana matahari total 9 Maret 2016 nanti.

Ingin nikmati fenomena gerhana matahari total? Ke 10 provinsi ini saja

Techno.id - Seperti diketahui, 9 Maret 2016 mendatang Indonesia akan kedatangan fenomena gerhana matahari total (GMT). Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dalam acara launching hitung mundur Gerhana Matahari Total 2016 mengungkapkan jika ada 10 provinsi yang bisa menjadi wilayah terbaik mengamati fenomena yang terjadi 350 tahun sekali tersebut.

Ada pun kesepuluh provinsi tersebut adalah Sumatera Selatan (Palembang), Bangka Belitung, Kalimantan Tengah (Sampit dan Palangkaraya), Kalimantan Timur (Balikpapan), Sulawesi Tengah (Palu, Poso, dan Luwuk), Maluku Utara (Ternate dan Halmahera), Sulawesi Barat, Bengkulu, Jambi, dan Kalimantan Barat. Sementara itu, warga di kesebelas kota ini yakni Padang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Kupang, Manado, dan Ambon dilaporkan LAPAN hanya bisa menikmati fenomena gerhana matahari sebagian.

Sebagaimana dikutip Techno.id dari Antara (14/1/16), lama GMT nantinya diperkirakan antara 1,5 menit hingga 3 menit. Disebutkan, semakin ke timur waktu muncul GMT akan semakin lama.

Waktu GMT di wilayah Indonesia bagian barat dilaporkan akan terjadi pada sekitar pukul 06.20 WIB, sedangkan wilayah tengah sekitar pukul 07.25 WITA. Sementara untuk wilayah timur Indonesia, fenomena GMT diperkirakan baru akan terjadi mulai pukul 08.36 WIT.

LAPAN memperkirakan, saat tiba waktu terjadinya fenomena GMT nanti Indonesia akan kedatangan ribuan wisatawan baik yang terdiri dari astronom, fotografer, dan ilmuwan dari pelbagai disiplin ilmu pengetahuan. Hal ini diakui oleh Thoms Djamaluddin, kepala LAPAN sebagai saat yang tepat untuk menunjukkan potensi Indonesia terutama potensi wisatanya di daerah-daerah yang dilalui fenomena GMT.

WHAT TO READ NEXT ?