NASA temukan exoplanet berbatu yang letaknya tak jauh dari Bumi

Techno.id - National Aeronautics and Space Administration alias NASA baru saja mengumumkan bahwa pihaknya telah menemukan exoplanet (planet yang letaknya di luar sistem tata surya) berbatu yang letaknya tak jauh dari Bumi. Planet yang diberi nama HD 219134b tersebut letaknya sekitar 21 tahun cahaya dari Bumi.

Seperti dilaporkan oleh Mashable (30/7/15), exoplanet yang pertama kali ditemukan para ilmuwan menggunakan teleskop Galileo National di Kepulauan Canary tersebut kemungkinan besar tidak dapat mendukung kehidupan karena orbit dengan bintangnya (seperti Matahari) yang cukup dekat. Kendati demikian, penemuan ini cukup memberikan titik terang pada para ilmuwan karena rata-rata exoplanet yang pernah ditemukan memiliki permukaan berupa gas.

NASA temukan exoplanet berbatu yang letaknya tak jauh dari Bumi

Ilustrasi artistik exoplanet HD 219234b 2015 NASA/JPL-CALTECH

Lebih lanjut, Michael Werner, ilmuwan untuk misi Spitzer di NASA Jet Propulsion Laboratory di California mengatakan bahwa penemuan exoplanet ini akan menjadi salah satu bahan yang nantinya bakal paling banyak dibahas. Pasalnya, exoplanet ini memiliki orbit yang cukup unik. Ya, orbit dari HD 219134b dilaporkan bakal melewati bintangnya yang memungkinkan peneliti NASA bisa mengamati exoplanet ini dari bumi dengan cukup jelas.

Dari data pengamatan awal, didapatkan informasi bahwa exoplanet ini memiliki ukuran sekitar 1,6 kali ukuran Bumi dan memiliki 4,5 kali massa Bumi.