Ilmuwan klaim temukan planet kesembilan di sistem tata surya

Ilmuwan klaim temukan planet kesembilan di sistem tata surya

Techno.id - Selama ini, setiap orang meyakini jika sistem tata surya hanya memiliki delapan planet. Angka itu pun bahkan masih diperdebatkan lantaran Pluto yang dianggap terlalu kecil sebagai sebuah planet.

Namun terlepas dari itu semua, bagaimana jika jumlah planet di sistem tata surya ini ternyata ada sembilan? Ya, pertanyaan kontroversial itu baru saja diungkapkan oleh sekelompok astronom dari California Institute of Technology.

Menurut para astronom, planet kesembilan ini terletak tepat di belakang Planet Pluto. Sementara untuk ukurannya, planet tersebut diperkirakan setara dengan Planet Bumi atau bahkan bisa lebih besar lagi.

Ilmuwan klaim temukan planet kesembilan di sistem tata surya

'Planet Kesembilan' yang dirilis para astronom California Institute of Technology
2016 New York Times

Dari gambar yang mereka publikasikan, planet bertanah bebatuan ini tampak berwarna biru. Namun karena tingkat ketebalan atmosfer yang begitu tinggi, warna kebiruan tersebut jadi terlihat lebih gelap dari biasanya.

"Planet itu diperkirakan berada di sekitar 20 sampai 100 miliar kilometer dari Planet Bumi dan membutuhkan waktu sekitar 10.000 hingga 20.000 untuk mengorbit dengan Matahari," ujar salah seorang astronom, Dr. Michael E. Brown.

(brl/red)