Ternyata ponsel memiliki 18 kali lipat bakteri dibanding toilet

Ternyata ponsel memiliki 18 kali lipat bakteri dibanding toilet

Techno.id - Smartphone merupakan perangkat yang memiliki intensitas paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun dibalik itu semua ternyata smartphone juga memiliki hal yang perlu diwaspadai.

Seringnya penggunaan perangkat pintar di genggaman membuat pengguna lalai memperhatikan kebersihannya. Dilansir dari DailyMail, rata-rata ponsel memiliki 18 kali bakteri lebih besar dibandingkan flush toilet.

Selain itu ditemukan fakta bahwa terdapat sebuah ponsel yang memiliki kadar bakteri cukup tinggi sehingga menyebabkan pengguna terserang sakit perut yang cukup berbahaya.

Dalam sebuah penelitian didapati hampir seperempat dari jumlah ponsel berpotensi hingga 10 kali lipat memiliki bakteri.

Jim Francis selaku pakar terkait higienitas mengungkapkan potensi bakteri memungkinkan akan terus tumbuh berkali lipat. Untuk itu diperlukan sterilisasi untuk terbebas dari bakteri.

Beberapa bakteri yang biasa ditemukan yakni Salmonela dan e.coli. Penelitian ini menunjukkan betapa mudahnya ponsel terjangkit bakteri dibandingkan toilet karena intensitas penggunaan yang lebih sering.

Ceri Stanaway selaku peneliti mengungkapkan bahwa tidak seluruh smartphone yang mengandung bakteri berpotensi menyebabkan sakit secara langsung, namun tidak menutup kemungkinan akan tumbuh lebih banyak dan menjangkiti pengguna di kemudian hari.

(brl/red)