Konsumsi obat tidur bisa tingkatkan kemampuan kognitif otak

Konsumsi obat tidur bisa tingkatkan kemampuan kognitif otak

Techno.id - Tahukah Anda, mengonsumsi obat tidur ternyata dapat meningkatkan kemampuan kognitif otak? Dengan mengonsumsi obat tidur jenis Modafinil, kabarnya kemampuan kognitif Anda akan meningkat seperti meningkatnya perhatian, meningkatnya kemampuan belajar dan memori, serta meningkatkan kecerdasan untuk berpikir kreatif dan memecahkan masalah.

Seperti dilansir oleh BGR (24/8/15), obat tidur jenis Modafinil yang biasa digunakan untuk mengatasi efek narkolepsi (gangguan otak yang dapat menyebabkan seseorang jatuh secara tiba-tiba karena tertidur pada waktu tertentu) ini disebut bisa meningkatkan aliran darah ke area otak. Peningkatan aliran darah ke otak akibat konsumsi Modafinil menyebabkan fokus otak jadi bertambah dan membuat otak lebih segar sehingga meningkatkan aktivitas otak untuk belajar, mengelola memori, menalar sebuah masalah, dan memecahkan masalah.

Kendati demikian, Anna Katharine Brem salah seorang yang mempelajari efek Modafinil terhadap kinerja otak mengungkapkan bahwa temuan ini masih belum sah sepenuhnya. Pasalnya, belum ada penelitian lanjutan mengenai efek jangka panjang yang disebabkan jika seseorang mengonsumsi Modafinil secara terus menerus.

"Belum diketahui secara pasti, apakah konsumsi obat ini secara berkelanjutan aman bagi kesehatan manusia. Perlu dilakukan tindakan selanjutnya untuk mengetahui efek obat jika dikonsumsi dalam jangka yang ckup lama," jelas Brem.

Hingga saat ini, Modafinil masih berlisensi untuk pengobatan narkolepsi saja. Bahkan, belum diketahui apakah perusahaan farmasi yang memproduksi obat ini nantinya berencana akan membuat versi Modafinil untuk tingkatkan kemampuan kognitif atau tidak?

(brl/red)