CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 13 April 2016 13:00

Telah ditemukan, panel surya yang bisa hasilkan listrik tanpa matahari

Panel ini bisa menghasilkan listrik dari tetesan air hujan.

Telah ditemukan, panel surya yang bisa hasilkan listrik tanpa matahari

Techno.id - Baru-baru ini, sekelompok peneliti asal Ocean University of China and Yunnan Normal University mengklaim telah berhasil mengembangkan sebuah sel surya yang dapat menghasilkan listrik bahkan tanpa matahari. Ya, sel surya temuan peneliti asal Negeri Tirai Bambu ini dapat beroperasi dengan baik saat musim hujan tiba di mana matahari jarang bersinar.

Mengutip dari laman SlashGear (12/4/16), kemampuan panel surya ini kabarnya berasal dari bahan lapisan bernama graphene. Lapisan graphene dilaporkan dapat menghasilkan listrik saat bertemu dengan tetesan air hujan yang dikenal mengusung ion positif dan ion negatif.

Jadi, saat air hujan yang mengandung muatan ion positif jatuh ke permukaan panel surya dan bertemu dengan lapisan graphene maka akan menghasilkan apa yang disebut dengan pseudocapacitor. Nah, pseudocapacitor itulah yang kabarnya dapat menghasilkan tegangan atau arus listrik.

Tegangan atau arus listrik yang dihasilkan itulah kabarnya dapat digunakan untuk mengisi baterai atau menyuplai peralatan rumah tangga skala kecil yang membutuhkan listrik seperti misalnya lampu.

Saat ini, panel surya tersebut kabarnya sedang dalam masa uji coba. Meski dalam masa uji coba saat ini listrik yang dihasilkan masih dalam kapasitas yang kecil, tapi jika berhasil melakukan modifikasi terhadap panel maka bukan tidak mungkin perangkat ini dapat membantu wilayah-wilayah yang cukup jarang dihampiri matahari mendapatkan energi listrik menggunakan panel surya layaknya wilayah-wilayah beriklim tropis.

WHAT TO READ NEXT ?