CONNECT WITH US
Saddam Hussein |
 31 Maret 2015 00:03

Modul fotovoltaik siap jajal cuaca ekstrem pantai

Cuaca ektrem pantai bukan lagi kendala

Modul fotovoltaik siap jajal cuaca ekstrem pantai

Techno.id - JA Solar Holding patut berbangga diri karena pengujian modul suryanya telah berhasil menembus mengujian kabut garam. Pengujian Kabut Garam IEC 61701, Severity Level 6 ini bukan main-main karena membutuhkan waktu 56 hari untuk menjalankan serangkaian pengujian yang terdiri dari 8 siklus tes.

Tentu saja modul surya ini harus melewati serangkaian pengujian tersebut. Karena modul surya asal Tiongkok ini akan dipasang di daerah yang mempunyai cuaca ektrem seperti pantai. Pantai menjadi momok modul surya karena sangat mudah membuat modul surya mengalami degradasi dan mudah aus karena terpaan kabut garam.

Inilah yang memancing JA Solar Holding untuk mengkreasikan modul surya yang tahan terhadap kabut garam. Dalam percobaan yang menggunakan Kabut Garam IEC 61701 berstandar ganda Level 6, fotovoltaik hanya kehilangan daya sebesar 20%.

Namun JA Solar yang yakin dengan produk unggulannya ini menaikan semua standar modul-modulnya sehingga pengujian berlangsung dua kali lipat lebih sulit. Akhirnya sebuah hasil yang memuaskan telah menghasilkan Modul surya yang bisa bertahan dengan cuaca ektrem pantai.

Semua yang dilakukan ini bukan sekedar main-main, karena kondisi cuaca ektrem pantai bisa sangat tantangan yang terberat. Berdasarkan Antara (30/03/15), Jian Xie sebagai Presiden dari JA Solar mengungkapkan "Kondisi cuaca ekstrim di area pantai adalah tantangan terbesar bagi performa, daya tahan, dan keluaran daya dari modul PV."

Tentu saja kelolosan produk ini dalam serangkaian pengujian bisa menjadi pertimbangan konsumen. Jika Anda ingin mengetahui produk ini lebih lanjut, Anda bisa melihat secara langsung produk asal Tiongkok ini pada Intersolar Beijing dan SNEC PV Power Expo di Shanghai.

WHAT TO READ NEXT ?