Ilmuwan Jepang akan mengirimkan tenaga panel surya dari luar angkasa

Ilmuwan Jepang akan mengirimkan tenaga panel surya dari luar angkasa

Techno.id - Sebuah ide untuk mengumpulkan energi matahari dari panel surya di luar angkasa tampaknya akan menjadi kenyataan. Hal ini dibenarkan oleh para ilmuwan yang bekerja untuk JAXA, administrasi ruang angkasa, Jepang. Mereka mengumumkan kesuksesan terobosan terbaru pada transmisi daya nirkabel.

Para ilmuwan sepertinya akan mewujudkan impian manusia yang berkeinginan membangun stasiun panel surya di luar angkasa. Penelitian tersebut berhasil mengirimkan listrik dengan daya sebesar 1,8kW sejauh 50 meter. Energi listrik sebesar itu sudah dapat digunakan untuk menyeduh air tanpa menggunakan kabel, seperti yang dikutip dari Engadget.

Listrik ini tidak akan membahayakan manusia karena para peneliti telah mengubah sinyal listrik ke gelombang mikro. Setelah itu, gelombangnya dikirimkan ke remote penerima untuk diubah kembali ke bentuk elektron agar dapat dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari.

"Ini merupakan percobaan pertama yang berhasil memindahkan elektron dengan tingkat akurasi yang tinggi dan jarak yang cukup jauh," kata salah satu ilmuwan JAXA.

Penelitian ini telah dilakukan selama bertahun-tahun untuk memanfaatkan energi matahari langsung dari luar angkasa menggunakan orbital solar farms. Dengan orbital solar tersebut pengiriman gelombang mikro ini tidak akan mengganggu pergerakan awan seperti yang dilakukan oleh ilmuwan lainnya.

Memang untuk mengirimkan energi listrik dari luar angkasa sepertinya masih jauh dari harapan. Namun, setidakya hal mendasar dari proses tersebut telah berhasil dipecahkan.

(brl/red)