Benarkah minum kopi dapat memperpanjang umur?

Benarkah minum kopi dapat memperpanjang umur?

Techno.id - Selama ini, kopi dikenal sebagai salah satu minuman yang dapat memperpendek usia. Dalam sebuah studi di Amerika Serikat selama 10 tahun terakhir, para peminum kopi ditemukan lebih rentan meninggal dengan berbagai macam penyebab dibandingkan dengan mereka yang tidak menyentuh kopi sama sekali.

Dr. Erikka Loftfield dari National Cancer Institute di Rockville, MarryLand, Amerika Serikat mengatakan, baik kopi yang mengandung kafein atau tidak memiliki dampak yang sama. Pasalnya, menurut Dr. Erikka, kopi pada dasarnya sudah mengandung senyawa aktif yang berjumlah lebih dari satu jenis.

"Kopi mengandung banyak senyawa biologis yang bersifat aktif, termasuk di antaranya seperti asam fenolik, kalium, dan kafein," ujarnya sebagaimana dikutip dari Ubergizmo (17/12).

Fakta menariknya, sejumlah penelitian lain justru mengungkap fakta yang bersifat sebaliknya. Menurut hasil penelitian yang bertentangan, dalam kurun waktu yang sama (1998-2009), risiko kematian yang berhubungan dengan jantung ternyata dapat berdampak lebih rendah karena kopi.

Dalam kurun waktu tersebut, sekitar 8.700 dari 90.317 orang dewasa yang tidak memiliki riwayat kanker atau kardiovaskular dinyatakan meninggal. Yang cukup mengagetkan, sejumlah penelitian bertentangan ini mengatakan bahwa penyebab kematian bukanlah murni berasal dari kopi.

Menurut penelitian itu, mereka yang meninggal lebih disebabkan karena faktor lain seperti merokok dan pola hidup yang tak sehat. Sedangkan para peminum kopi (tanpa kafein) sebanyak empat hingga lima kali dalam sehari dikatakan memiliki risiko kematian yang paling rendah.

(brl/red)