Game 3D bantu meremajakan ingatan seseorang

Game 3D bantu meremajakan ingatan seseorang

Techno.id - Ternyata, video game memiliki beberapa manfaat yang dapat menjadikan seseorang tidak mudah pikun. Jadi, selain sebagai media hiburan, video game dipercayai mampu meremajakan ingatan seseorang.

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh Craig Stark dan Dane Clemenson dari University of California menemukan bahwa game 3D mampu membentuk ingatan yang lebih baik. Hasil penelitian ini juga sudah diterbitkan dalam The Journal of Neuroscience.

Kedua ilmuwan tersebut mengetahui kalau game 3D baik untuk memori otak, setelah melakukan serangkaian penelitian. Mereka mengundang beberapa mahasiswa untuk menguji pembelajaran yang kompleks serta fungsi memori. Kemudian, mahasiswa tersebut dipecah menjadi tiga kelompok.

Kelompok pertama memainkan game 2D. Kelompok kedua memainkan game 3D. Lalu, kelompok terakhir tidak memainkan apa-apa. Setelah itu, diketahui bahwa mahasiswa yang memainkan game 3D mempunyai nilai tes memori yang lebih baik dibandingkan dua kelompok lainnya.

Hal ini disebabkan karena game 3D mempunyai beberapa hal yang tidak dimiliki oleh game 2D. Game 3D memiliki lebih banyak informasi spatial untuk mengeksplorasi. Selain itu, game 3D dinilai lebih kompleks, seperti yang dilaporkan oleh Lifehacker (18/12/2015).

Meskipun game 3D sangat baik untuk daya ingat, tetapi Anda tidak boleh bermain game setiap hari. Pasalnya, semakin sering Anda bermain game, maka efek positif tadi akan berubah menjadi efek negatif yang justru dapat menimbulkan penyakit baru. Oleh karenanya, bermainlah game pada saat senggang, agar tidak mengganggu waktu dan tubuh Anda.

(brl/red)