Ternyata air kencing dapat dijadikan sumber listrik kaos kaki pintar

Ternyata air kencing dapat dijadikan sumber listrik kaos kaki pintar

Techno.id - Setiap saat, seseorang bisa kencing beberapa kali. Semua kotoran tersebut terbuang percuma karena memang merupakan hasil dari metabolisme tubuh yang tak terpakai. Namun, tahukah Anda, air kencing itu ternyata juga dapat dijadikan sebagai sumber listrik?

Para ilmuwan dari University of the West of England di Bristol telah mengembangkan wearable pertama yang menggunakan air kencing sebagai sumber listrik. Wearable itu sendiri bukanlah sebuah jam tangan, gelang, atau kalung, melainkan sebuah kaos kaki.

Menurut mereka kaos kaki yang telah diberi air kencing ini dapat berubah sebagai pemancar nirkabel untuk mengirimkan pesan darurat ke gadget lain. Lalu pertanyaannya sekarang, bagaimana cara memasukkan air kencing ke dalam kaos kaki?

Tim peneliti tadi menjelaskan temuan mereka dalam jurnal Bioinspiration & Biomimetics. Dalam jurnal tersebut dijelaskan bahwa air kencing sebanyak 648ml dimasukkan ke dalam pipa silikon kecil yang terintegrasi dengan microbial fuel cells (MFCs) dan pada akhirnya berubah menjadi listrik.

Nah, tabung silikon tadi juga dihubungkan dengan PMF yang terletak pada pergelangan kaki. Kemudian, saat kaos kaki itu dipakai untuk berjalan, listrik yang dihasilkan dari air kencing akan memicu pemancar nirkabel untuk mengirimkan sinyal setiap dua menit sekali.

Ternyata air kencing dapat dijadikan sumber listrik kaos kaki pintar

"Kami ingin sistem ini sepenuhnya dijalankan oleh manusia. Teknologi ini menggunakan bahan bakar air kencing dan gerakan kaki sebagai pompa," kata ketua tim peneliti, Profesor Loannis Leropoulos, seperti yang disadur dari DigitalTrends (13/12/2015).

(brl/red)